INI BAHAN ALAMI CARA MENGUSIR NYAMUK PALING PRAKTIS DAN EFEKTIF

Pada saat musim panas dan musim hujan, nyamuk selalu ada, apalagi musim hujan adalah musim kawin bagi nyamuk. Kalau kita pakai obat nyamuk bakar dan semprot tetap saja efeknya tidak bagus buat pernafasan. Nah ini tips yang aman dan segar serta hemat tanpa harus keluar uang banyak.
 
 Caranya:
 
1. Ambillah beberapa batang sereh
 
2. Potonglah batang sereh tadi jadi bagian tipis-tipis
 
3. Setelah dipotong, pindahkan ke wadah, bisa piring kecil atau apa aja yang bisa.
 
4. Kemudian letakkanlah wadah yang berisi potongan sereh tadi, letakkan dibawah tempat tidur atau dimana tempat yang banyak nyamuk.
 
5. Di jamin nyamuk pergi, dan ruangan jadi segar beraroma sereh. Sereh tahan berbulan bulan, semakin kering semakin bagus.
 
Info: Sewaktu kita mau ngepel lantai, tuangkan secukupnya minyak sereh pada timba pengepel.
 
Bisa juga minyak sereh di campur air untuk di semprotkan ke seluruh ruangan rumah. Untuk mengusir nyamuk yang bersarang di sudut-sudut rumah.
 
Jika tidak ingin ribet, anda bisa membeli minyak sereh di apotek atau toko obat di kota anda.
 
==> Manfaat lain dari sereh <==
 
Serai atau sereh merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang biasa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan atau ramuan pengusir nyamuk. Tetapi, tahukah Anda bahwa di balik baunya yang harum, tanaman yang bernama latin Andropogon nardus ini juga menyimpan beragam manfaat medis dan kesehatan?
 
Manfaat:
 
Penelitian menunjukkan, daun sereh memiliki kandungan zat anti-mikroba dan anti-bakteri. Kandungan tersebut berguna khususnya dalam mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Sereh juga diketahui berkhasit sebagai diuretik, pereda kejang dan antirematik.
 
Mitos:
 
Beberapa orang percaya bahwa sereh dapat membantu menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti tifus, infeksi kulit, keracunan makanan dan bau badan. Selain itu, kandungan senyawa analgesik pada minyak sereh dapat membantu menghilangkan rasa sakit akibat sakit kepala, nyeri sendi dan nyeri otot.
 
Bukan hanya itu saja, sereh juga memiliki sifat anti-piretik yang bermanfaat dalam menurunkan panas. Oleh karena itu, sereh sangat baik diberikan untuk orang yang sedang mengalami demam.
 
Kandungan:
 
Dalam buku Herbal Indonesia Berkhasiat disebutkan bahwa daun sereh mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, cis-osimen, terpinol, sitronelal, borneol, terpinen -4-ol, a-terpineol, geraniol, farnesol, metilheptenon, n-desialdehida, dipenten, metil heptanenon, bornilasetat, geranilformat, terpinil astet, sitronil asetat, geranil asetat, beta-elemen, beta-kariofilen, beta-bergamoten, trans-metilsoeugenol, beta-kadinen, elemol, dan kariofilen oksida. Senyawa lain adalah geranial, geranil butirat, lomonen, eugenol dan metileugenol.
 
Fungsi serai untuk Kesehatan:
 
1. Serai mencegah penyakit kanker
 
Ada penelitian yang menjelaskan bahwa setiap 100 gram Serai mengandung zat antioksidan yang kita tahu bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker. Kemudian, penelitian yang dilakukan oleh tim dari University Gurion di Israel telah menemukan bahwa dalam Serai ada senyawa yang dapat mematikan sel kanker tanpa merusak sel sehat.
 
2. Mengobati gangguan pencernaan
 
Serai sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan, sakit perut, masuk angin, mengurangi gas dari usus, dan juga diare.
 
3. Menurunkan tekanan darah
 
Serai juga banyak dimanfaatkan untuk mengurangi tekanan darah dan merangsang sirkulasi darah. Dengan mengonsumsi minuman yang mengandung Serai setiap harinya maka akan sangat membantu dalam menurunkan hipertensi.
 
4. Detoksifikasi
 
Serai juga sangat baik untuk detoksifikasi tubuh dengan cara meningkatkan jumlah buang air kecil. Hal tersebut tentunya sangat bermanfaat untuk membuat seluruh organ pencernaan seperti hati, pankreas, ginjal, dan juga kandung kemih bersih dan sehat karena beragam racun akan tersingkir.
 
5. Manfaat pada sistem saraf
 
Minyak esensial yang mengandung Serai juga dapat bermanfaat untuk memperkuat dan meningkatkan fungsi sistem saraf. Hal itu disebabkan minyak serai tersebut akan memberikan efek yang menghangatkan, melemaskan otot, dan meredakan kejang-kejang.
 
6. Berfungsi sebagai analgesik
 
Serai juga dapat meringankan semua jenis peradangan dan iritabilitas yang Anda derita yang berhubungan dengan rasa sakit dan nyeri seperti nyeri sendi, nyeri otot, sakit gigi, dan lainnya.
 
7. Memperindah kulit
 
Penggunaan daun serai juga sudah terjadi dalam bidang kosmetik yang digunakan untuk memperindah kulit. Efek dari penggunaan kosmetik yang mengandung daun serai adalah dapat menghilangkan jerawat dan berfungsi juga sebagai penyegar.
 
8. Kesehatan wanita
 
Serai juga biasanya dimanfaatkan oleh wanita untuk meredakan rasa nyeri ketika haid dan meredakan timbulnya rasa mual.
 
Pengolahan Sebagai Obat:
 
Salah satu resep sederhana pemanfaatan sereh adalah dengan cara merebusnya untuk membantu mengatasi gejala batuk. Sebanyak 5 gram akar sereh dicuci dan direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Lalu minumlah air rebusan sereh tersebut dua kali sehari masing-masing 1/2 gelas pagi dan sore.
 

Tambahan cara mengusir nyamuk :
 
1. Geranium
 
Tanaman ini mengandung geraniol dan sitronelol yang dapat mengusir nyamuk. Kedua zat yang dimiliki Geranium dapat dengan mudah terbang memenuhi udara. Tanam saja Geranium ke dalam pot atau langsung di tanah. Tempatkan di tempat yang mudah terkena tiupan angin, saat daun-daun Geranium bergesakan, aroma zat yang ada di tanaman ini akan tercium, membuat nyamuk menjauh dari ruangan.
 
2. Zodia
 
Tanaman ini asli dari Indonesia berasal dari Papua, dimana orang-orang Papua akan menggosok-gosokkan daun ini sebelum masuk hutan agar terlindung dari serangga terutama nyamuk. Zodia memiliki dua zat yang dapat membuat nyamuk kabur, yaitu Evodiamine dan Rutaecarpine. Untuk merasakan manfaatnya, Zodia visa ditanam di ruang yang banyak tertiup angin agar aromanya tercium dan mengusir nyamuk.
 
3. Serai wangi
 
Serai akrab dikenal sebagai salah satu bumbu dapur, tapi ia memiliki zat Geraniol dan Sitronelal yang tidak disukai nyamuk. Menanam serai cukup mudah, tinggal tempatkan di pekarangan rumah saja.
 
4. Akar Wangi
 
Tanaman ini dapat mengeluarkan aroma menyengat yang tidak disukai nyamuk Aedes Aegypti. Tanam akar wangi di pekarangan rumah untuk merasakan manfaatnya.
 
5. Lavender
 
Tanaman ini aslinya dari Swiss, dan telah dimanfaatkan sebagai bahan pembuat lotion anti nyamuk. Bunga Lavender yang berwarna ungu memiliki zat Linalool dan Lynalyl acetate yang tidak disukai nyamuk. Tanam Lavender dalam pot atau tanah, untuk merasakan manfaatnya ambil bunganya dan gosok-gosokkan ke kulit.
 
6. Rosemary
 
Bunga Rosemary menghasilkan bau seperti aroma minyak kayu putih. Aroma yang tidak disukai oleh nyamuk karena mengacaukan penciumannya. Tanaman ini dapat ditanam ke dalam pot atau tanah. Di dekat jendela. Untuk pemanfaatannya, ambil daunnya yang berbentuk jarum dan digosokkan ke kulit.
 
7. Citronella.
 
Ini adalah salah satu yang paling terkenal mampu mengusir nyamuk. Untuk dioleskan, pilih minyak esensial citronella murni, jangan minyak pewangi ruangan (fragrance oil). Minyak pewangi yang digunakan untuk membakar tidak cukup untuk dioleskan dan menghalau nyamuk.
 
8. Minyak kedelai. 
 
The New England Journal of Medicine melaporkan, bahwa minyak kedelai juga sama efektifnya dengan obat nyamuk DEET. Harga minyak kedelai pun lumayan terjangkau, plus baik sebagai pelembap kulit. Riset lain mengatakan, bahwa kandungan dalam kedelai bisa memperlambat pertumbuhan rambut pada tubuh ketika dioleskan.
 
9. Catnip. 
 
Sejenis tumbuhan harum bernama catnip ditengarai memiliki efektivitas 10 kali lebih baik dibanding DEET dalam menghalau nyamuk.
 
10. Minyak biji neem, yang diekstrak dari tanaman yang tumbuh di India dikabarkan lebih efektif ketimbang DEET. Riset ini dikeluarkan oleh Institut Malaria di India.
 
11. Bawang putih. 
 
Nyamuk tak tahan bau bawang putih. Jika Anda benar-benar terganggu dengan nyamuk, coba makan banyak bawang putih, aromanya akan keluar lewat kulit Anda. Tentu jika Anda tak masalah dengan memiliki bau badan ini.
 
12. Kulit Nanas. 
 
Jika anda sering makan nanas atau membuat rujak dan kebetulan memakan buah nanas sebaiknya jangan dibuang kulit nanasnya. Masukkan kulit nanas itu kedalam ember kecil yang sudah diisi air. Kemudian letakkkan ember berisi air dan kulit nanas itu ditempat yang biasanya dipakai nyamuk untuk berkeliaran, misalnya di pojok kamar atau sudut rumah . Insyaallah nyamuk-nyamuk pun akan takut datang.
 
13. Kulit jeruk dan batang serai. 
 
Ambil daun dan kulit jeruk, bisa juga ditambahkan batang serai, lalu tumbuk sampai halus. Kemudian, tebarkan di sekitar sarang nyamuk, seperti di bibir got, parit , atau kolong tempat tidur di rumah anda. Nyamuk pun akan segera menyingkir.
 
14. Kulit durian. 
 
Letakkan kulit durian di kamar, gudang yang banyak nyamuknya, atau di dekat tempat sampah, dipinggir got, dan kolong meja, maka nyamuk pun akan segera menjauh.
 
15. Daun Pepaya. 
 
Anda bisa membuat obat nyamuk menggunakan daun papaya, yaitu caranya ambil daun pepaya secukupnya dan rebus sampai betul-betul mendidih. Setelah itu rebusan daun pepaya ditaruh di tempat-tempat yang diinginkan, maka nyamuk akan segera pergi menjauh dan tidak berani mendekat karena mereka tidak betah dengan bau daun pepaya.
 
Selamat mencoba. Silahkan di share jika info ini bermanfaat. Terima kasih atas kunjungan Anda.


Sumber : DuniaObat.Com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

IKUTI BLOG INI